April 21, 2012

Pemimpin Otoriter


Tipe pemimpin yang visioner tetapi otoriter.

Pemimpin jenis ini memiliki kekuatan visi dan keinginan yang kuat untuk menggapai visi itu. Para pengikutnya cenderung terinspirasi dengan visinya dan rela berkorban demi pencapaian visi tersebut. Namun satu hal mendastan miliar yang menjadi kelemahan ialah ia menggunakan kekuatan fisik untuk mencapai visinya.

Di negara-negara yang dikuasai militer, para pemimpin yang represif akan menggunakan kekuatan militer untuk mengendalikan lawan politik mereka juga pengikut mereka untuk mengikuti visi mereka
Kuba dengan president Fidel Castro,
Korea Utara; Kim Jung Ill II
Thailand; kekuatan sebenarnya berada di tangan raja karena raja berkuasa atas militer.
Kamboja; perdana mentri membelanjakan sangat banyak uang untuk meningkatkan kekuatan militernya sehingga para perwira militer yang ikut memakan uang hasil korupsinya terus mendukungnya.
China; dibawah pemerintahan partai komunis mereka telah membangun kekuatan militer yang mengancam kekuasaan negara adidaya Amerika Serikat dan Rusia.

Tidak semua pemimpin otoriter, tetapi semua pemimpin pasti memiliki visi.
Pemimpin otoriter adalah pemimpin yang tidak memiliki kemampuan mengkomunikasikan visinya kepada bawahannya. Sehingga ia harus memaksa pemimpinnya untuk mengikutinya dan melaksanakan semua peritahnya untuk mencapai visinnya.

http:/kepemimpinan.wordpress.com

No comments:

Post a Comment

Followers

Artikel Terpopuler