April 23, 2012

MEMIMPIN, MEMBUAT PELANGI


Pemimpin harus bisa bekerja sama dengan anggota yang berasal dari berbagai komponen. Baik itu berbeda suku / ras, agama, latar belakang pedidikan dan terlebih lagi berbeda persepsi. Tujuan dari kerjasama adalah  pemimpin dapat menghentarkan semua pengikutnya pada satu tujuan yang disepakati bersama yaitu yang menjadi visi bersama.

Visi ini mungkin berasal dari visi pribadi pemimpin, namun dengan ketrampilan mentransfer visinya (baca artikel mengajarkan visi) pemimpin harus mampu mempropaganda pengikutnya mengikuti visinya.

Ini tidaklah mudah. Saya percaya bahwa tak ada manusia di kolong langit ini persis sama satu dengan lainnya. Sekalipun mereka adalah kembar siam. Setiap manusia unik dengan pemikirannya dan seluruh keberadaannya. Tantangan pemimpin ialah bukan menjadikan berbagai warna pengikut menjadi satu warna yaitu warna pemimpin tetapi mengharmonikan semua warna pemimpin tersebut menjadi harmoni satu dengan lainnya, akhirnya dapat terlihat sebagai pelangi dimana setiap warna memainkan fungsi unik sesuai dengan keunikannya.

Akhirnya saya ucapkan selamat memimpin; selamat membuat pelangi.

MEMIMPIN, MEMBUAT PELANGI
http://kepemimpinan.wordpress.com

No comments:

Post a Comment

Followers

Artikel Terpopuler